Bagaimana cara membedakan penulis artikel yang baik dan penulis artikel yang hasil tulisannya berkualitas? Ciri-ciri penulis artikel yang baik umum nya akan menawarkan tulisan yang berkualitas dari sisi manusia dan robot (SEO friendly dan human readable). Namun, anda sebagai calon pembeli perlu membuktikan sekuat apa artikel mereka mampu bersaing di halaman pertama mesin pencari berdasarkan kata kunci yang mereka bidik.
Pola pengujian atau pembuktian ini tidak perlu anda lakukan ketika penjual jasa penulis artikel tidak memberikan janji atau embel-embel artikel yang SEO friendly. Tetapi, anda perlu melakukan pengujian di mesin pencarian ketika anda memutuskan untuk membeli artikel yang kata nya berkualitas SEO, mengingat harga untuk kerangka artikel dengan label SEO tergolong agak mahal.
Secara teknis, memilih jasa penulis artikel yang berkualitas di zaman yang serba instan ini perlu selektif, agar anda dapat mengisi artikel di blog setiap hari sesuai dengan harapan dan komitmen awal anda tanpa mengalami kejadian buruk, seperti tertipu oleh oknum penulis artikel atau jasa bodong lainnya.
Catatan: Artikel blog yang ada di halaman pertama mesin pencari dengan label "iklan" tidak masuk dalam hitungan kekuatan SEO yang dimiliki owner situs atau penulis artikel. Berbicara bisnis di internet, berarti kita berbicara tentang bukti bukan teori yang dibungkus dengan hypnotic writing atau teknik copywriting.
Analisa konten artikel di situs web/blog milik mereka secara berkala dan cari tahu seberapa dominan mereka mampu mengelola artikel agar muncul di halaman pertama mesin pencari secara utuh. Selain itu, cari tahu juga darimana konten artikel yang mereka jual.
Pelajari bagaimana konten situs penjual jasa artikel bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, jika mereka mendapatkan dengan proses natural (SEO Putih), maka bisa disimpulkan bahwa mereka adalah penulis artikel yang baik dan benar-benar berkualitas.
Pelajari bagaimana konten situs penjual jasa artikel bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, jika mereka mendapatkan dengan proses natural (SEO Putih), maka bisa disimpulkan bahwa mereka adalah penulis artikel yang baik dan benar-benar berkualitas.
Konsep beli kucing dalam karung sangat dihindari oleh pelaku internet marketer profesional guys! So, pertimbangkan harga dengan kualitas artikel yang anda dapatkan. Pembahasan ini meliputi konten artikel fiksi dan non-fiksi!
Catatan penting: Pembahasan ini tidak bermaksud mendiskreditkan atau bertujuan men-judge pemilik jasa penulis konten artikel dan artikel ini di tulis tanpa ada intervensi dari pihak mana pun.
Penanaman ideologi dengan tulisan
Seiring dengan perkembangan zaman, penulis konten (content writer) banyak dicari oleh owner situs web/blog menengah ke bawah, sampai ke perusahaan ternama. Tak sedikit individu atau kelompok menyediakan artikel atau jasa penulis konten artikel online, mengingat peluang usaha menjadi penulis artikel memiliki prospek yang menjanjikan.Di era digital seperti sekarang ini pola menanamkan ide/gagasan (ideologi) dan berbagai macam kepentingan lainnya bisa dilakukan melalui media online seperti konten artikel yang ada di situs web/blog. Dengan tulisan atau pun konten artikel, anda dapat mempengaruhi pembaca melalui komunikasi persuasif.
Pembaca atau penerima pesan (komunikan) akan memiliki perilaku, sikap, sudut pandang dan nilai kepercayaan yang selaras jika metode penulisan konten artikel di susun sedemikian rupa, sehingga mereka mau kita arahkan.
Setelah anda mampu membuat jalur pikiran baru dengan tulisan, pembaca akan memiliki kontribusi terhadap tercapai nya kesuksesan bisnis, tujuan atau misi keberhasilan anda.
Penulis artikel yang baik, berkualitas, tepercaya dan profesional memiliki beberapa ciri khusus yang dapat anda ketahui. Pembahasan kita kali ini meliputi pelaku (penulis artikel) dan hasil tulisan (konten artikel) itu sendiri. Apa saja ciri-ciri penulis artikel yang baik dan hasil tulisan dari penulis artikel yang berkualitas?! Check it out.
6 Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas
- Konten artikel unik dan orisinal (original)
- Konten artikel memiliki judul yang menarik dan jelas
- Konten artikel memiliki kalimat pengantar (pembuka)
- Konten artikel memiliki judul tambahan setelah judul pertama (sub-judul)
- Konten artikel mudah dibaca manusia (human readable)
- Konten artikel mudah dibaca robot (SEO friendly)
1. Artikel unik dan orisinal. Artikel unik adalah konten artikel yang memiliki perbedaan kerangka dan pola kalimat, namun tidak termasuk sudut pandang, dan ide/gagasan. Sedangkan artikel orisinal adalah konten yang lahir dari ide kita sendiri terlepas dari benar dan salah. Artikel unik lebih meniti beratkan pada cara terhindar dari duplikasi (duplikat) konten.
Persoalannya, apakah penjual artikel mau memberikan konten yang unik sekaligus berharga (orisinal)? Jawabannya jarang sekali. Karena pada umumnya mereka hanya memberikan artikel unik yang sudah lulus uji duplikasi konten versi smallseotool dan copyscape. Baca juga artikel terkait mengenai Google pencarian butuh konten unik dan berharga.
2. Artikel memiliki judul yang menarik dan jelas. Judul artikel yang menarik menentukan jumlah kunjungan (traffic) di situs web/blog anda. Bagaimana pun artikel milik anda yang berada di halaman pertama mesin pencari, jika judul artikel tidak mampu membuat perasaan atau rasa (feel) tertentu pengguna mesin pencari, maka hasilnya tidak akan maksimal.
Keterlibatan judul artikel yang menarik adalah salah satu faktor penting terjadinya kunjungan dari berbagai arah. Judul artikel yang menarik saja tidak cukup, anda perlu membuat judul artikel yang relevan dengan isi artikel.
Kelola juga kalimat pada judul artikel agar lebih jelas, karena judul artikel yang jelas akan memberikan kesan profesionalitas atas pengetahuan penulis dan isi dari judul artikel yang sudah dipublikasikan.
3. Artikel memiliki kalimat pengantar/pembuka. Artikel yang memiliki kalimat pengantar atau pembuka jauh lebih efektif untuk mendorong pembaca menyelesaikan artikel yang sedang mereka baca. Ingat juga, sertakan gambaran singkat atau pengertian singkat terkait isi keseluruhan konten artikel meliputi tujuan dan maksud pada bagian kalimat pengantar.
Secara umum, kalimat atau paragraf pengantar (pembuka) pada artikel disebut sebagai basa-basi atas isi. Usahakan dibuat semaksimal mungkin untuk susunan kalimat pengantar, karena kalimat pengantar yang baik dapat membuat pembaca memiliki hasrat dan dorongan rasa ingin terus melanjutkan membaca tulisan/artikel sampai selesai.
Hindari kata atau kalimat pengantar yang tidak diperlukan, mengingat kalimat di paragraf awal/pertama pada halaman posting artikel menentukan minat dan mood pembaca. Ini seperti kesan pertama, kesan pertama yang baik akan menimbulkan dampak baik (good mood) di waktu berikutnya.
4. Artikel memiliki sub judul. Sub judul pada artikel di situs web/blog selain dapat memudahkan algoritma google pencarian memahami isi artikel, juga dapat memudahkan manusia (pembaca) memahami bagian-bagian pada artikel. Sub judul adalah bagian dari sistem "human readable" pada konten artikel.
Tidak ada satu pun penulis artikel yang berhasil menembus halaman pertama mesin pencari mengabaikan proses ini, sekali pun isi artikel di blog/web nya mengutuk keras proses atau metode belajar SEO (search engine optimization).
Memberikan sub judul pada artikel juga dapat mempermudah pembaca untuk memilih bagian mana saja yang mereka sukai dan mengabaikan bagian-bagian artikel yang kurang mereka sukai.
5. Artikel mudah dipahami. Artikel yang mudah dipahami dan mudah dibaca oleh manusia (human readable) adalah artikel yang memiliki pendukung kata pengantar, pilar, sub judul, tata bahasa (grammar), ejaan yang disempurnakan (EYD), dan penutup atau kesimpulan.
EYD dan Grammar pada artikel memang tidak untuk semua jenis pembahasan, pada bagian EYD, anda bisa melakukan penyesuaian dengan target pembaca.
6. Artikel mudah dibaca algoritma. Artikel yang mudah dibaca algoritma (mesin telusur) adalah jenis konten artikel SEO friendly. Artikel SEO friendly umumnya memiliki kerangka artikel yang baik dan berkualitas. Contohnya menempatkan kata kunci yang tepat, judul artikel yang menarik, dan memiliki sub judul.
1. Memiliki kejujuran. Ciri-ciri penulis artikel yang baik akan memiliki kejujuran. Jujur bagian dari sifat dan sikap seseorang yang nantinya akan menjadi ujung tombak bagi perkembangan bisnis jangka panjang. Jangan sepele kan karakter tidak jujur, karena ini erat kaitannya dengan kualitas bisnis.
Anda perlu telusuri lebih lanjut mengenai seberapa jujur penulis artikel saat menjalin kerja sama dengan anda, jika anda mendapati mereka sering melakukan kebohongan, segera henti kan kerja sama.
2. Memiliki website atau blog. Ciri-ciri penulis artikel yang baik dan profesional tidak dapat mengatakan hasil tulisan mereka sudah berkualitas tanpa dibarengi dengan bukti pendukungnya. Jika kebetulan anda menemukan penulis artikel online, maka hal pertama yang perlu anda tanyakan bukan lah harga artikel, tetapi situs web/blog milik mereka.
3. Memiliki tanggung jawab. Ciri-ciri penulis artikel yang baik selalu mengutamakan kejujuran dan tanggung jawab sebagai persoalan yang paling penting. Misalnya, memberikan layanan revisi artikel, pengerjaan yang tepat waktu, memiliki transparansi dan memberikan konsumen nilai tukar yang sepadan (kesesuaian) antara harga dan kualitas.
Jika anda menemukan penulis artikel online yang kerap melepas tanggung jawab, dan memberikan kualitas yang tidak sepadan dengan uang yang sudah anda bayar, maka segera henti kan kerja sama.
4. Memiliki respons yang baik. Ciri-ciri penulis artikel yang baik akan bekerja secara profesional, ini artinya mereka memiliki kualitas pelayanan yang baik. Respons yang baik tidak melulu soal pesan bisa dibalas dengan cepat (fast response).
Response yang baik dan berkualitas terletak pada tanggapan ramah yang diberikan ke konsumen terkait pesanan (order) artikel atau pun pertanyaan yang berkaitan dengan jasa pembuatan artikel.
Penutup
Ciri-ciri penulis artikel yang baik dan berkualitas di artikel ini mungkin masih banyak memiliki kekurangan dan kesalahan analisa.
Apakah anda seorang penulis artikel online atau seorang konsumen yang memiliki pengalaman membeli artikel dari banyak penulis artikel? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.
Persoalannya, apakah penjual artikel mau memberikan konten yang unik sekaligus berharga (orisinal)? Jawabannya jarang sekali. Karena pada umumnya mereka hanya memberikan artikel unik yang sudah lulus uji duplikasi konten versi smallseotool dan copyscape. Baca juga artikel terkait mengenai Google pencarian butuh konten unik dan berharga.
2. Artikel memiliki judul yang menarik dan jelas. Judul artikel yang menarik menentukan jumlah kunjungan (traffic) di situs web/blog anda. Bagaimana pun artikel milik anda yang berada di halaman pertama mesin pencari, jika judul artikel tidak mampu membuat perasaan atau rasa (feel) tertentu pengguna mesin pencari, maka hasilnya tidak akan maksimal.
Keterlibatan judul artikel yang menarik adalah salah satu faktor penting terjadinya kunjungan dari berbagai arah. Judul artikel yang menarik saja tidak cukup, anda perlu membuat judul artikel yang relevan dengan isi artikel.
Kelola juga kalimat pada judul artikel agar lebih jelas, karena judul artikel yang jelas akan memberikan kesan profesionalitas atas pengetahuan penulis dan isi dari judul artikel yang sudah dipublikasikan.
3. Artikel memiliki kalimat pengantar/pembuka. Artikel yang memiliki kalimat pengantar atau pembuka jauh lebih efektif untuk mendorong pembaca menyelesaikan artikel yang sedang mereka baca. Ingat juga, sertakan gambaran singkat atau pengertian singkat terkait isi keseluruhan konten artikel meliputi tujuan dan maksud pada bagian kalimat pengantar.
Secara umum, kalimat atau paragraf pengantar (pembuka) pada artikel disebut sebagai basa-basi atas isi. Usahakan dibuat semaksimal mungkin untuk susunan kalimat pengantar, karena kalimat pengantar yang baik dapat membuat pembaca memiliki hasrat dan dorongan rasa ingin terus melanjutkan membaca tulisan/artikel sampai selesai.
Hindari kata atau kalimat pengantar yang tidak diperlukan, mengingat kalimat di paragraf awal/pertama pada halaman posting artikel menentukan minat dan mood pembaca. Ini seperti kesan pertama, kesan pertama yang baik akan menimbulkan dampak baik (good mood) di waktu berikutnya.
4. Artikel memiliki sub judul. Sub judul pada artikel di situs web/blog selain dapat memudahkan algoritma google pencarian memahami isi artikel, juga dapat memudahkan manusia (pembaca) memahami bagian-bagian pada artikel. Sub judul adalah bagian dari sistem "human readable" pada konten artikel.
Tidak ada satu pun penulis artikel yang berhasil menembus halaman pertama mesin pencari mengabaikan proses ini, sekali pun isi artikel di blog/web nya mengutuk keras proses atau metode belajar SEO (search engine optimization).
Memberikan sub judul pada artikel juga dapat mempermudah pembaca untuk memilih bagian mana saja yang mereka sukai dan mengabaikan bagian-bagian artikel yang kurang mereka sukai.
5. Artikel mudah dipahami. Artikel yang mudah dipahami dan mudah dibaca oleh manusia (human readable) adalah artikel yang memiliki pendukung kata pengantar, pilar, sub judul, tata bahasa (grammar), ejaan yang disempurnakan (EYD), dan penutup atau kesimpulan.
EYD dan Grammar pada artikel memang tidak untuk semua jenis pembahasan, pada bagian EYD, anda bisa melakukan penyesuaian dengan target pembaca.
6. Artikel mudah dibaca algoritma. Artikel yang mudah dibaca algoritma (mesin telusur) adalah jenis konten artikel SEO friendly. Artikel SEO friendly umumnya memiliki kerangka artikel yang baik dan berkualitas. Contohnya menempatkan kata kunci yang tepat, judul artikel yang menarik, dan memiliki sub judul.
4 Ciri-ciri Penulis Artikel yang Baik
- Memiliki kejujuran
- Memiliki situs web/blog
- Memiliki tanggung jawab
- Memiliki respons yang baik
Anda perlu telusuri lebih lanjut mengenai seberapa jujur penulis artikel saat menjalin kerja sama dengan anda, jika anda mendapati mereka sering melakukan kebohongan, segera henti kan kerja sama.
2. Memiliki website atau blog. Ciri-ciri penulis artikel yang baik dan profesional tidak dapat mengatakan hasil tulisan mereka sudah berkualitas tanpa dibarengi dengan bukti pendukungnya. Jika kebetulan anda menemukan penulis artikel online, maka hal pertama yang perlu anda tanyakan bukan lah harga artikel, tetapi situs web/blog milik mereka.
Jika anda menemukan penulis artikel online yang kerap melepas tanggung jawab, dan memberikan kualitas yang tidak sepadan dengan uang yang sudah anda bayar, maka segera henti kan kerja sama.
4. Memiliki respons yang baik. Ciri-ciri penulis artikel yang baik akan bekerja secara profesional, ini artinya mereka memiliki kualitas pelayanan yang baik. Respons yang baik tidak melulu soal pesan bisa dibalas dengan cepat (fast response).
Response yang baik dan berkualitas terletak pada tanggapan ramah yang diberikan ke konsumen terkait pesanan (order) artikel atau pun pertanyaan yang berkaitan dengan jasa pembuatan artikel.
Penutup
Ciri-ciri penulis artikel yang baik dan berkualitas di artikel ini mungkin masih banyak memiliki kekurangan dan kesalahan analisa.
Apakah anda seorang penulis artikel online atau seorang konsumen yang memiliki pengalaman membeli artikel dari banyak penulis artikel? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.
0 Komentar