Apa Itu Bisnis MLM, dan Bagaimana Cara Memilih MLM yang Baik dan Aman

October 09, 2017
Bisnis MLM
Ketika kita bicara tentang Bisnis MLM pasti sebagian dari Anda akan bersikap sinis dan ingin mengakhiri pembicaraan karena menganggap bisnis ini adalah penipuan. Faktanya, bisnis ini justru semakin berkembang di Indonesia, terutama di era modern seperti sekarang ini. Kemajuan teknologi yang semakin modern membuat bisnis networking ini semakin berkembang pesat di Indonesia.
Bisnis MLM mulai popular di indonesia sejak tahun 2000an. Sejak saat itu ada banyak bisnis yang menjual berbagai jenis produk mengadopsi sistem berjenjang ini di Indonesia. Mulai dari produk obat, kosmetik, fashion, dan produk lainnya.
Lalu sebenarnya apa itu bisnis MLM dan bagaimana perkembangan bisnis ini di Indonesia? Simak ulasan singkatnya berikut.

Sebenarnya, Apa Itu Bisnis MLM?

Bisnis MLM atau Multi Level Marketing adalah strategi pemasaran di mana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.
Ada beberapa istilah yang sering juga digunakan untuk MLM, diantaranya; penjualan piramida, pemasaran jaringan, dan pemasaran berantai. Berdasarkan informasi dari Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat, cukup banyak perusahaan yang memakai sistem MLM mengeksploitasi para anggotanya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Biasanya para pebisnis MLM menjual produk mereka secara langsung kepada konsumen. Dan para konsumen ini sebagian besar adalah orang terdekat mereka atau memanfaatkan pemasaran dari mulut-ke-mulut.
Dalam bisnis multi level marketing, ada yang namanya up line dan down line. Jadi untuk mengembangkan bisnis ini, kita harus mengajak orang lain untuk bergabung. Semakin besar bentuk paramida jaringan yang kita buat, maka akan semakin banyak pula potensi keuntungan yang didapatkan.
Namun, kita harus berhati-hati dalam memilih bisnis ini karena sekarang banyak bisnis tipu-tipu yang memakai istilah bisnis MLM, sistemnya tidak jelas dan hanya tipuan belaka. Agar Anda tidak sampai tertipu dengan bisnis yang seperti itu, berikut ini adalah cara memilih bisnis MLM yang baik dan aman.

Tips Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik dan Aman

1. Memilih Bisnis MLM yang Terdaftar di APLI
APLI merupakan asosiasi penjual langsung indonesia. Lembaga ini yang menjadi wadah semua perusahaan MLM di indonesia. Di indonesia untuk masalah penjualan langsung, memang belum ada aturan hukum yang jelas. Oleh karena beberapa perusahaan mlm membentuk APLI, supaya ada kode etik dalam menjalankan bisnis ini.
Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi penipuan dalam mlm. Perusahaan yang akan mendaftar di APLI, harus memenuhi beberapa persyaratan. Jadi untiuk bisa terdaftar di APLI tidaklah mudah. Perusahaan yang terdaftar di APLI sudah dipasikan keamanannya.
2. Pilih Perusahaan MLM yang Produknya Beragam
Supaya mudah mendapatkan downline atau orang yang ingin membeli produk Anda, lebih baik pilih perusahaan MLM yang menyediakan berbagai jenis produk. Dengan begitu Anda bisa menawarkan banyak barang, tak hanya satu atau dua barang saja. Apalagi jika barang yang dijual merupakan barang kebutuhan sehari-hari. Misalnya berbagai jenis produk kesehatan, produk kecantikan, dan produk fashion.
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kualitas produk yang dijual. Pastikan produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Sebelum gabung di perusahaan itu, Anda bisa mencoba barang yang mereka jual. Jika menurut Anda bagus, barulah bergabung ke bisnis MLM tersebut.
3. Bisnis MLM Harus Memiliki Badan Hukum
Untuk memastikan keamanan dari perusahaan MLM tersebut, pastikan memiliki badan hukum yang jelas. Di indonesia sebuah perusaahaan yang menjalankan sebuah bisnis, harus memiliki badan hukum. Apalagi jika bisnis yang mereka jalankan berskala besar.
Misalnya untuk perusahaan  yang berbadan hukum perseroan terbatas (PT), harus memiliki NPWP dan SIUPL. Hal ini bisa anda lihat pada keterangan perusahaan mereka. Dengan adanya badan hukum yang jelas, membuat konsumen yang memakai produk anda lebih aman.
4. Upline Dan Downline Saling Membantu
Pilih perusahaan MLM, yang upline dan downlinenya saling membantu, upline mau mengajarkan sistem yang ada di perusahaaan dan mengajarkan sukses bersama-sama. Ada banyak sekali perusahaan MLM, yang melepaskan downlinenya begitu saja tanpa ada kejelasan.  Akhirnya para member baru tidak aktif dan akhirnya berhenti. Padahal ini juga akan merugikan uplinenya.
Jadi pastikan perusahaan MLM tersebut tidak hanya menggunakan downline untuk menjual produk tanpa memberikan pelatihan apapun. Tanpa dibina, diajari ilmu marketing dan lainnya. jadi anda harus memilih perusahaaan MLM, yang memiliki sistem bagus dan mau sukses bersama.
5. Distributor MLM Memiliki Sistem yang Bagus
Untuk menjalankan bisnisnya, perusahaan MLM membutuhkan perusahaan distributor untuk mengirimkan semua produknya. Ketika sebuah perusahan MLM memiiliki distributor yang bagus. tentunya akan mempengaruhi kualitas perusahaan itu sendiri. distributor disini berfungsi untuk mengirimkan barang sampai ke konsumen.
Jika ada kendala di distributor, barang tidak akan sampai di member mlm dengan cepat dan akhirnya sistem pemasarannya pun terhenti. Pastikan sistem yang mereka gunakan sudah teruji dan berkualitas. Tidak ada masalah didalamnya.
6. Sistem Adil Untuk Semua Member
MLM memiliki sistem marketing berundak. Jadi ketika downline berhasil menjual barang, upline juga akan mendapatkan keuntungan. Member yang pertama kali gabung tentunya harus berjuang lebih keras, sampai mendapatkan banyak jaringan. Ada beberapa jenis mlm yang sistemnya kurang bagus, syarat yang diberikan terlalu memberatkan dan tak masuk akal.
Pastikan perusahaan MLM yang Anda pilih memiliki sistem yang adil bagi semua member. Jadi, semua member harus bekerja keras bersama. Tidak hanya donwline saja, tetapi juga upline juga harus bekerja agar bisa berhasil. Upline tidak hanya santai saja dan mendapatkan keuntungan dari kerja keras downline.
7. Harga Produk Masuk Akal
Harga produk menjadi tips penting dalam memilih bisnis MLM. Pastikan mereka memiliki harga produk yang masuk akal. Sehingga bisa diterima oleh semua masyarakat. Tidak hanya dibeli oleh golongan tertentu saja. hal ini akan memudahkan Anda dalam proses pemasaran. Pastikan produk tersebut juga dikenal oleh banyak orang.
Intinya, pilihlah bisnis Multi Level Marketing yang memberikan sistem pemasaran yang masuk akal. Jangan pilih perusahaan yang menjanjikan banyak keuntungan tapi tanpa kerja keras atau tidak menjual produk. Sistem itu bisa dipastikan hanya tipuan belaka.

8 Perusahaan MLM Terbaik yang Direkomendasikan

Sekarang ini ada banyak sekali MLM terbaru bermunculan di Indonesia. Tapi apakah semuanya menerapkan prinsip bisnis MLM yang baik dan aman kepada para anggotanya? Tentu tidak semua.
Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang menerapkan sistem MLM pada pemasaran produknya sejak lama, dan hingga saat ini masih eksis di dunia bisnis Indonesia.
1. MLM Abe Network
MLM AbeNetwork (Komunitas pebisnis ABE) berdiri pada tahun 2008. Hingga saat ini masih menjadi salah satu bisnis yang sangat diminati oleh banyak orang. Selain itu, produk dari bisnis ini juga banyak dicari masyarakat Indonesia, yaitu produk herbal untuk kesehatan dan pasutri.
Website komunitas: www.abenetwork.com
2. MLM Oriflame
Oriflame ini sebenarnya perusahaan luar yang menjual berbagai produk kosmetik, dan pemasarannya dengan sistem MLM. Di Indonesia sendiri ada komunitas pengusaha MLM yang khusus memasarkan produk Oriflame, misalnya dBC Network.
Website komunitas: www.dbc-network.com
3. MLM K-Link
MLM ini berdiri pada tahun 2002 silam. K-Link adalah bisnis MLM yang memasarkan banyak jenis produk, mulai dari produk kesehatan, produk kecantikan wanita, hingga produk untuk perawatan mobil dan rumah.
Website: www.k-link.co.id
4. MLM CNI
Bisnis ini awalnya bernama PT. Sanchlorellatama, berganti nama menjadi CNI pada tahun 1992. CNI merupakan salah satu pelopor bisnis MLM asli Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini. Jenis produk yang dijual adalah suplemen kesehatan.
Website: www.cni.co.id
5. MLM Tupperware
Perusahaan ini fokus menjual produk rumah tangga yang terbuat dari bahan plastik. Uniknya, Tupperware ini menjual produk plastik yang tahan lama, berbeda dengan produk MLM lainnya yang menjual produk habis pakai sehingga akan terjadi pembelian ulang.
Website: www.tupperware.co.id
6. MLM Sophie Martin
MLM yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1994 silam. Produk yang dijual cukup beragam dan cenderung berhubungan dengan lifestyle orang jaman sekarang. Beberapa produknya seperti kaca mata, dompet, jam, jacket, dan lainnya.
Website: www.sophiemartinindonesia.com
7. MLM Tiens
MLM tiens dulunya bernama Tianshi, yaitu bisnis MLM yang menjual produk herbal warisan dari Tiongkok. Sama halnya dengan bisnis MLM lainnya, Tiens banyak mendapat pro dan kontra dari masyarakat. Namun, hingga saat ini Tiens masih eksis dengan produk herbal mereka.
Website: tiens.co.id
8. MLM Amway
MLM yang satu ini berasal dari Malaysia yang melakukan ekspansi ke Indonesia pada tahun 1993 silam. Produk yang dijual adalah produk pembersih rumah, produk kecantikan dan kesehatan, nutrisi, bahkan produk pengolahan air sehat.
Website: www.amway.my
Masih ada bisnis MLM yang belum disebutkan? Mohon bagikan via komentar di bawah ya.
Nah, di atas tadi adalah penjelasan mengenai Bisnis MLM, cara memilih MLM yang baik dan aman yang sangat mudah untuk diterapkan, dan juga beberapa rekomendasi perusahaan MLM yang terpercaya. Sebenarnya skema MLM bukanlah penipuan, banyak orang yang salah kaprah karena bisnis penipuan cukup marak menggunakan skema ini. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tidak akan tertipu dengan bisnis abal-abal yang menggunakan sistem MLM.
Previous
Next Post »
0 Komentar